Bekas Sambungan GRC Mengganggu Pemandangan? Gunakan Cara Ini Untuk Menyamarkannya

Penggunaan GRC saat ini semakin banyak diminati, terutama untuk hunian pribadi yang memberikan kesan modern pada bangunan. Bahannya yang tahan lama dan ringan sehingga mempunyai desain yang beragam menjadi salah satu faktor daya tarik tersendiri. Bahkan penggunaan GRC mulai berkembang tidak hanya untuk tiang rumah ataupun bingkai jendela, namun juga sebagai dinding GRC yang kuat dan memiliki nilai estetika tinggi.

GRC

Cara Menyamarkan Bekas Sambungan GRC

Walaupun bahan GRC memberikan penampilan yang sempurna, namun ada beberapa masalah yang mengurangi keindahan dari bahan ini, yakni sambungan dari GRC board yang terlihat jelas. Hal ini tentu akan mengganggu pemandangan, walaupun desain partisi GRC yang digunakan sangat indah. Oleh sebab itu, penting bagi seseorang untuk menyamarkan sambungan GRC dengan beberapa cara berikut ini

1. Perhatikan Teknik Pemasangan yang Sesuai

Sebelum berfikir untuk menyamarkan sambungan dari GRC, maka hal penting yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah proses awal penyambungannya. Jika proses penyambungan tidak sesuai, maka sambungan akan mudah retak, dan tentunya bekas sambungan semakin terlihat jelas oleh retakan yang ada.

Cara pertama adalah memperkuat sambungan dengan lem perekat yang baik, serta bantuan beberapa paku, agar sambungan GRC board tidak mudah terguncang dan retak. Jika GRC board tidak direkatkan dengan baik pada saat proses pemasangan, maka di kemudian hari akan menjadi masalah besar seperti sambungan mudah terkelupas, dan terlihat jelas.

Selanjutnya, ketika sudah memasuki proses penyambungan, antara GRC satu dengan lainnya posisinya harus dirapatkan. Hindari pemasangan yang renggang karena akan membuat sambungan pada dinding GRC terlihat jelas dan sulit disamarkan walaupun menggunakan bantuan dempul.

2. Memberikan Dempul pada Sambungan

Setelah semua bagian tertutupi oleh GRC secara merata, maka langkah selanjutnya agar garis sambungan tidak terlihat adalah dengan memberinya dempul. Proses pencampuran dempul harus dilakukan dengan baik, agar bisa berfungsi dengan maksimal.

Proses pencampuran dempul yang baik adalah dengan memberikan air secukupnya, jangan terlalu kental ataupun encer.  Selanjutnya di aduk perlahan hingga seluruh komponen bahan benar-benar rata, setelah itu barulah bahan dempul bisa langsung diaplikasikan pada permukaan sambungan GRC dengan menggunakan alat scrab.

Dalam proses pemberian dempul pada sambungan GRC, harus dilakukan secara teliti dan rapi, jangan sampai ada lubang yang masih terlihat pada sambungan. Pastikan juga ujung-ujung paku tertutupi semua dengan dempul hingga bekas sambungan tidak terlihat sedikitpun.

3 . Pemilihan Bahan yang Berkualitas

Tips terakhir untuk menyamarkan, bahkan menghilangkan bekas sambungan GRC pada dinding, plafon ataupun grc adalah dengan memilih bahan yang berkualitas, baik bahan perekat GRC board pada bidang, ataupun dempul yang digunakan untuk menutupi garis sambungan GRC.

Pemilihan bahan yang berkualitas dan direkomendasikan ini sangat penting, karena jika proses penyambungan sudah bagus, serta dilengkapi dengan dempul, namun tidak berkualitas, maka sambungan akan mudah lepas, dan garis sambungannya terlihat jelas hingga tidak enak dilihat. Misalnya bahan dempul yang menggunakan GRC Compound A+B yang memiliki kualitas bagus, dan memiliki harga murah di pasaran.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan pekerja dalam menyamarkan sambungan GRC akan tidak mengganggu pemandangan. Untuk itulah, bagi seseorang yang ingin memasang dinding GRC harus bisa memilih jasa pemasangan yang sudah terpercaya, agar proses penyambungan dilakukan secara benar, dan tidak menyisakan bekas yang mengurangi nilai estetika bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *