Fungsi dan Kegunaan Digital Signage serta Keungulannya

Seiring dengan perkembangan pesat dunia elektronik dan digital, dunia bisnis punmemanfaatkan hal tersebut untuk bahan promosi usaha atau produk mereka. Salah satunya adalah dengan cara digital signage. Apa sih yang dimaksud dengan digital signage? Digital Signage ini merupakan salah satu cara menyampaikan informasi melalui display elektronik. Display ini bisa dengan LCD, LED, plasma, atau megatron. Teknologi digital signage ini sudah lama berkembanbang di negara-negara maju, tak terkecuali juga Indonesia. Pemasangan digital signage ini bisa memberikan informasi satu arah (kepada masyarakat) atau dua arah (dari dan kepada masyarakat).

Digital Signage

Mengapa Harus Menggunakan Digital Signage?

Mengapa harus menggunakan digital signage? Pertama, karena zaman sudah modern maka penggunaan iklan, promosi, pemberian informasi, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis dinilai memang sepantasnya melibatkan teknologi. Dibandingkan dengan media konvensional, digital signage ini lebih hemat biaya. Tampilannya yang menarik (eye-catching) juga bisa menarik perhatian banyak orang. Konten yang sifatnya visual juga bisa diupdate dengan cepat. Dengan menggunakan teknologi digital signage, segala informasi yang ingin disampaikan bisa diberikan secara efektif. Keberadaannya juga bisa membuat penjualan bisnis meningkat pesat.

Fungsi Digital Signage

Fungsi Digital Signage

Digital signage ini bisa dengan mudah ditemukan di tempat-tempat yang umum seperti bank, bandara, tempat hiburan, pusat perbelanjaan, hotel dan restoran, gedung pekantoran, serta gedung komersial. Adapun fungsi dari adanya digital signege ini secara terperinci adalah:

1. Sebagai informasi publik

Keberadaan digital signage bisa menjangkau masyarakat luas terkait berbagai macam informasi. Digital signage yang berisi informasi umum ini diletakkan di lampu merah serta area jalan yang sering dilalui banyak orang.

2. Informasi produk

Pernah enggak sih kamu membeli barang karena iklan yang kamu lihat di jalan? Nah, itulah salah satu fungsi dari digital signage.

3. Branding

Digital signage ini tak hanya berlaku untuk client atau pelanggan saja, bisa pula berfungsi sebagai branding. Misalkan kamu ingin mempromosikan perusahaan agar lebih dikenal oleh banyak orang, maka kamu bisa menggunakan digital signage.

4. Informasi internal

Untuk perusahaan-perusahaan besar, manfaat digital signage ini sangat bisa dirasakan. Contohnya, digital signage digunakan dengan tujuan meningkatkan kinerja para pegawai kantor, kedisiplinan, visi dan misi perusahaan, serta bagaimana harus bersikap kepada customer dan sesama pegawai.

5. Navigasi

Pada area tempat hiburan , museum, tempat wisata, hotel dan penginapan, mereka biasa menggunakan digital signage sebagai cara menyampaikan informasi kepada pengunjung. Dengan begitu, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman berbeda selama berada di tempat tersebut.

Keunggulan Menggunakan Digital Signage

  • Kekuatan visual: memberikan informasi memang lebih efektif dengan cara visual. Hal tersebut dinilai audience lebih menarik dibanding tulisan atau narasi.
  • Presentasi lebih mudah: jika kamu adalah pelaku bisnis, maka menggunakan digital signage membuat proses presentasi produk atau jasa yang kamu jual lebih mudah
  • Lebih inovatif: menggunakan digital signage dalam hal bisnis itu artinya kamu lebih maju selangkah (inovatif) karena melibatkan teknologi
  • Real time update konten: nah, selain beberapa keunggulan di atas, digital signage juga bisa diupdate secara real-time dengan konten yang baru dan bermanfaat. Dengan begitu, pelanggan akan semakin tertarik dengan apa yang kamu pasarkan.

Ada banyak sekali tempat yang jual digital signage dengan beragam harga dan fitur. Menggunakan digital signage ini akan sangat membantu usaha di berbagai bidang yang kamu punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *