Wah Ternyata Ini Loh Fungsi Utama Penggunaan Plafon Akustik untuk Bangunan!

​​​​Kebanyakan rumah sekarang ini menggunakan plafon pada bagian atapnya, karena ternyata plafon sendiri memiliki banyak keunggulan loh. Misalnya saja penahan debu yang masuk lewat celah-celah genting. Tak hanya itu, ada banyak fungsi lainnya tergantung dari jenis plafon yang digunakan. Anda bisa memilih jenis plafon yang punya nilai tinggi dengan beragam fungsi dalam pemakaiannya.

Nah, salah satu jenis material plafon dengan nilai tinggi yang tersedia di pasaran adalah plafon akustik. Anda bisa memanfaatkan plafon akustik untuk langit-langit rumah, tanpa perlu khawatir harganya yang cenderung mahal. Meski harga plafon akustik murah, namun plafon ini punya banyak fungsi loh dalam pemanfaatannya.

Fungsi Penggunaan Plafon Akustik untuk Langit – Langit Bangunan

Plafon akustik atau acoustic ceiling, ternyata memiliki nilai yang begitu tinggi dalam pemanfaatannya, karena pemanfaatan plafon akustik ini punya banyak fungsi yang mungkin belum anda tahu, misalnya saja penggunaan plafon akan menambah nilai estetika dan kekuatan dari langit langit rumah. Apalagi bangunan yang menggunakan plafon, akan terlihat lebih indah dan mewah.

Tak hanya itu, plafon sebagai pembatas antara atap dengan ruangan ini juga fungsi utama sebagai peredam suara. Sehingga tak jarang plafon jenis akustik digunakan untuk langit-langit hotel, kantor, lobby, studio musik, bioskop, cafe, gedung, dan bangunan lain yang memerlukan ruangan kedap suara. Tren penggunaan plafon akustik ini, membuat banyak distributor menawarkan harga plafon akustik murah di pasaran.

Fungsi Utama Penggunaan Plafon Akustik

​​​​Fungsi Utama Penggunaan Plafon Akustik

Acoustic ceiling atau plafon akustik, memang punya beragam fungsi untuk suatu bangunan. Namun fungsi utama dari penggunaan plafon akustik ini adalah sebagai peredam suara. Sehingga tujuan pemanfaatannya yakni untuk meredam suara bising dari dalam ruangan, dan juga menghalangi kebisingan dari luar.

Cara kerja dari plafon akustik adalah dengan mengecilkan tingkat kebisingan hingga mencapai batas tertentu, sehingga tidak mengganggu area sekitar. Plafon akustik memang sengaja didesain agar mampu menahan ambang bising. Bahkan, efek gema yang muncul juga bisa dikurangi dengan penggunaan plafon akustik.

Plafon dengan type panel ini merupakan kombinasi dari perforasi dan juga finishing, dengan sistem rangka yang digantung. Penggantung plafon atau panel plafon akustik yang digunakan, biasanya memiliki ukuran 9 mm dan juga 12 mm tergantung kebutuhan.

Biasanya acoustic ceiling atau plafon akustik yang digunakan mempunyai 2 pilihan ukuran produk. Ukuran plafon akustik yang pertama yakni 60cm x 60cm, dan ukuran kedua 60cm x 120cm. Kedua ukuran ini, tentunya harus anda sesuaikan tergantung besarnya ruang.

Selain dari ukuran, plafon akustik juga punya beberapa merk, contohnya seperti AMF Thermatex, OWA, dan merk merk berkualitas lain. Sementara untuk penggunaannya, plafon akustik ini haruslah memiliki bentang luas lebih dari 100 meter persegi. Sebagai plafon yang mampu meredam kebisingan, plafon akustik ini tentunya mampu menyerap suara dengan optimal melalui pemasangan yang tepat.

Penyerapan suara yang baik, pada umumnya dinilai dari koefisien noise reduction atau NRC. Kebutuhan NRC ini, biasanya didapatkan dari plafon akustik gypsum perforasi lengkap dengan acoustic tissue. Plafon akustik yang mampu menyerap suara secara maksimal, seharusnya memiliki Noise Reduction Coefficient antara 0,5 hingga 0,7.

Nah, buat anda yang tertarik memasang plafon akustik untuk bangunan, anda bisa mencarinya lewat distributor yang jual plafon akustik. Selain itu, pastikan juga bahwa distributor tersebut memiliki kualitas yang terjamin dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *