Ganti Papan Tulis Lama Anda Dengan Glassboard

Ganti Papan Tulis Lama Dengan Glassboard

Sebagai media untuk menulis di depan kelas, dulu banyak orang yang menggunakan papan tulis hitam atau blackboard. Namun untuk menulis di atas blackboard membutuhkan kapur yang cukup merepotkan, karena noda kapur sering kali menempel di jari-jari tangan. Setelah itu, orang-orang pun beralih ke whiteboard yang lebih efisien karena menggunakan spidol untuk menulis. Akan tetapi penggunaan whiteboard pun juga kurang memuaskan, karena sering kali setelah lama dipakai whiteboard akan meninggalkan noda yang sulit untuk dibersihkan. Maka untuk mengakhiri semua masalah itu munculah glassboard. Berbeda dari papan tulis sebelumnya, papan tulis berbahan kaca ini memiliki banyak kelebihan.

Keunggulan Glassboard Dibanding Papan Tulis Lain

Berikut ini adalah beberapa keunggulan papan tulis berbahan kaca yang membuatnya menjadi pilihan tepat untuk penggunaan di ruang kelas atau ruang rapat :

1. Tahan Lama

Tidak seperti blackboard atau whiteboard , glassboard cenderung lebih tahan lama. Biasanya papan tulis terbuat dari plastik atau triplek yang lama-kelamaan akan menjadi lapuk, tetapi hal itu tidak akan terjadi pada papan tulis ini. Sesuai namanya, papan tulis ini terbuat dari bahan kaca.  Material kaca membuat papan tulis ini lebih kuat. Selain itu, papan tulis berbahan kaca ini juga lebih nyaman untuk digunakan karena permukaannya tidak akan mengelupas seperti yang sering terjadi pada whiteboard. Namun, kaca yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. Biasanya kaca yang digunakan adalah kaca tempered. Kaca ini dipilih karena permukaannya halus, tebal dan tidak mudah pecah.

2. Ramah Lingkungan

Masalah limbah memang merupakan masalah yang cukup sulit untuk diselesaikan. Blackboard dan whiteboard bekas yang sudah tidak terpakai bisa menambah jumlah limbah loh, karena papan tulis ini biasanya terbuat dari bahan-bahan sekali pakai yang tidak bisa didaur ulang. Glassboard merupakan papan tulis yang sangat ramah lingkungan. Material utama pembuat papan tulis ini adalah kaca yang bisa didaur ulang. Maka secara tidak langsung, dengan menggunakan papan tulis berbahan kaca  Anda juga membantu menjaga lingkungan.

3. Permukaan Lebih Bersih

Kaca memiliki permukaan yang sangat halus dan pori-pori yang rapat. Hal itu tentu sangat berbeda dengan papan tulis konvensional yang biasanya terbuat dari melamin yang pori-porinya tidak rapat seperti kaca. Pada blackboard atau whiteboard noda sisa akan terserap dan menempel di papan, sehingga susah untuk dihilangkan. Akibatnya papan tulis pun terlihat kotor. Jika Anda menggunakan papan tulis kaca, Anda tidak usah memusingkan masalah noda. Karena papan tulis ini bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan cairan pembersih kaca yang biasa Anda pakai.

4. Pemasangan Lebih Mudah

Anda pasti pernah merasakan papan tulis yang bergoyang saat Anda menulis diatasnya. Hal itu tentunya dapat mengganggu proses Anda saat menulis di papan tulis. Jika Anda menggunakan papan tulis berbahan kaca, maka Anda tidak akan merasakan hal itu. Di sisi-sisi papan tulis kaca ini sudah terpasang paku, sehingga tidak akan goyang saat digunakan. Anda harus memastikan papan benar-benar menempel ke dinding dan juga memerhatikan prosedur pemasangan dengan baik agar terhindar dari kesalahan pemasangan.

5. Tampilan Menarik

Papan tulis ini tidak hanya terdiri dari warna putih dan hitam seperti papan tulis konvensional pada umumnya. Pilihan yang bisa Anda pilih lebih beragam. Anda bisa memilih papan tulis dengan berbagai warna yang bisa Anda sesuaikan dengan interior ruangan. Dengan adanya kustomisasi warna ini, ruangan pun bisa terlihat lebih cantik dan elegan. Maka tidak heran banyak perusahaan, kampus ataupun sekolah yang mulai beralih ke papan tulis berbahan kaca ini. Dengan itu, maka Anda bisa memadukan spidol berwarna terang seperti silver atau emas dengan papan tulis yang berwarna lebih gelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *