5 Kelebihan Lantai Vinyl Rumah Sakit

Kelebihan Lantai Vinyl Rumah Sakit

Perkembangan zaman mendorong rumah sakit melakukan berbagai peningkatan. Tidak hanya pada pelayanan dan alat-alat opersional, hal-hal pendukung seperti interior pun turut diperbaharui dengan kemajuan yang signifikan. Salah satunya adalah bagian lantai yang mendukung aktivitas di seluruh penjuru rumah sakit. Intensitas lalu-lalang yang padat memungkinkanlantai rumah sakit rentan terkena gesekan. Baik karena alas sepatu maupun roda dari alat-alat medis. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa lantai vinyl rumah sakit dijadikan material alternatif.

Mengenal Lantai Vinyl Lebih Dalam

Kelebihan Lantai Vinyl Rumah Sakit

Lantai vinyl merupakan salah satu lantai sintetis yang dibuat dari bahan dasar PVC atau polyvinyl chloride. Dibandingkan material lantai lainnya, lantai vinyl dinilai lebih raah lingkungan dan tidak memiliki efek samping bagi kesehatan. Inilah alasan lain perlu mengganti material lantai menggunakan lantai vinyl rumah sakit.

Berbeda dengan bahan granit atau marmer yang memberikan kesan mewah, lantai vinyl diandalkan untuk memberikan kesan minimalis dan natural. Sifatnya yang lentur membuat lantai vynil fleksibel untuk digunakan hampir di segala area rumah sakit. Pemasangan lantai vinyl pun terbilang mudah karena hadir dala bentuk lembaran yang digulung. Harga vinyl lantai rumah sakit tergolong lebih murah dibandingkan material lantai lainnya. Pelapis lantai jenis ini hadir dalam tiga jenis yaitu vinyl tile, vinyl planck dan vinyl roll. Perbedaannya hanya terletak pada bentuknya saja. Vinyl tile memiliki bentuk serupa ubin satuan, vinyl planck memiliki bentuk lembaran serupa parket, sementara vinyl roll tersedia dalam bentuk gulungan sehingga sering disebut vinyl karpet.

5 Kelebihan Lantai Vinyl Rumah Sakit

Bukan tanpa alasan lantai rumah sakit banyak beralih ke material vinyl. Sebab sejumlah kelebihan yang dimilikinya lantai vinyl banyak digunakan. Berikut ini kami berikan beberapa keunggulan yang dimiliki lantai vinyl pada rumah sakit.

1. Tahan Banting dan Tahan Terhadap Tekanan

Seperti yang kita tahu bahwa rumah sakit tergolong area yang sangat sibuk. Dengan mobilitas yang tinggi di setiap harinya lantai akan terkena beban berat dari permukaan di atasnya. Baik lalu lalang orang, alat-alat medis maupun furniture rumah sakit. Lantai vinyl memiliki ketahanan yang tinggi dalam bantingan dan tekanan.

2. Perawatan Harian Yang Mudah

Tergolong material yang tidak ringkih, lantai vinyl rumah sakit tidak membutuhkan teknik perawatan yang berarti. Jika terkena tumpahan noda, cairan atau debu maka cukup dengan disapu dan dipel sampai bersih.

3. Anti Scratch

Sifat lantai vinyl yang tahan terhadap tekanan ternyata dilengkapi dengan ketahanan dalam melawan scratch. Sering kali permukaan yang bergesekan dengan alas kaki atau pun perlawatan medis akan meninggalkan jejak berupa goresan di atas lantai. Hal ini akan mengurangi nilai pandang. Jika dibiarkan, lama kelamaan akan mempercepat kerusakan lantai. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab hal tersebut tidak akan terjadi pada lantai vinyl rumah sakit.

4. Dilengkapi Dengan Bahan Anti Bakteri

Jika bersih serta tahan terhadap goresan saja tidak cukup, kelebihan yang satu ini bisa menjadi alasan kuat untuk memakai vinyl sebagai lantai rumah sakit. Kandungan formaldehida di dalam material vinyl membuat lantai jenis ini dilengkapi dengan sifat anti bakteri. Dengan menghambat pertumbuhan bakteri, selain membuat lantai menjadi lebih tahan lama juga mendukung area rumah sakit menjadi lebih bersih dan higienis.

5. Masa Pakai Yang Awet Dan Tahan Lama

Selain harga vinyl lantai rumah sakit yang terjangkau, usia pakai lantai vinyl pun sangat awet. Dengan perawatan dan penggunaan yang tepat lantai vinyl dapat dipakai sampai dua puluh tahun lamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *