Mau Gorden Tahan Lama Dan tetap Indah? Ini Tips Merawatnya

Apa yang Anda pikirkan ketika datang ke rumah kerabat, ternyata gordennya sangat kotor, kusut, atau ada bagian sobek sehingga tak lagi memperindah ruangan? itu merupakan akibat perawatan yang minim, bahkan cenderung mengabaikan kebersihannya. Sebelum itu terjadi di rumah Anda, ada baiknya segera lakukan perawatan maksimal agar penutup jendela itu tetap indah dan berfungsi dengan baik.

cara merawat gorden

Pakai Tips Perawatan Gorden Ini

Kalau Anda ingin memiliki penutup jendela yang awet, dan tetap mampu memancarkan keindahan sekaligus menutupi jendela maka wajib lakukan perawatan. Sebenarnya tak butuh banyak waktu, biaya, dan tenaga, karena proses perawatannya sangat mudah dan bisa dilakukan kapanpun Anda bisa.

1. Rutin Bersihkan

Gorden merupakan bagian penutup jendela yang langsung berhubungan dengan debu setiap saat, untuk meminimalisir debu yang menempel Anda cukup membersihkannya setiap hari. Caranya dengan mengibaskan kain tersebut untuk menghilangkan debu, ketika membukanya di pagi hari. Jika ada waktu lebih, bisa menggunakan vacuum cleaner untuk hasil lebih bersih.

2. Tak Perlu Sering Dicuci

Perawatan Gorden

Mempertahankan keindahan kain penutup jendela itu tidak perlu dengan sering dicuci, cukup dengan membersihkan dengan cara di atas. Tapi minimal sekali tiga bulan wajib dicuci, tergantung pada tingkat kotornya. Cara mengecek kotornya tentu dengan melihat dari dekat kondisinya, apakah banyak debu, ada kotoran menempel dan bagaimana baunya.

3. Teknik Pencucian

Pastikan mengetahui bahan dari gorden tersebut. jika terbuat dari beludru, sutra atau wol sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci ,cukup direndam dengan sabun khusus dan dikucek pada bagian kotor. kalau bahan kain katun dan sejenisnya bisa dengan mesin cuci, tapi pastikan saat memeras tidak terlalu keras, agar tak menimbulkan bekas yang merusak kain.

4. Teknik Penjemuran

Jangan menjemur kain tersebut di tempat terbuka yang mendapat matahari langsung, upayakan masih berada di dalam ruangan beratap. Terutama untuk yang berbahan sutera, beludru atau wol. Untuk mencegah pudarnya warna dari kain tersebut, Anda bisa meletakkannya di bawah atap yang menggunakan kanopi kaca, atau di dekat jendela agar cepat kering.

5. Teknik Penyetrikaan

Menyetrika kain gorden murah harus pakai teknik yang tepat, pertama adalah melipatnya terlebih dahulu sesuai lipatan tegas yang sudah ada. Kemudian letakkan memanjang di atas lantai atau tempat setrika, lalu setrika dengan gerakan satu arah untuk menghilangkan kerutan akibat pencucian. Jangan lupa, volume panas berada pada posisi lembut atau paling minim.

6. Teknik Penyimpanan

Jika Anda tak ingin menggunakan langsung kain penutup jendela tersebut, maka sebaiknya disimpan dengan cara digulung sesuai lipatan tegas pada kain. Hal ini untuk menghindari kerutan usai disetrika dan lipatan tidak berubah. Lalu masukkan ke dalam kantong plastik atau alas dengan koran di dalam lemari Anda agar debu tidak menempel.

7. Perlu Gorden Cadangan?

Sangat perlu untuk memiliki penutup jendela cadangan jika yang utama sedang dicuci, tipsnya cukup beli yang harga murah karena pemasangan hanya bersifat sementara hingga tirai utama selesai dicuci. Tapi tetap perhatikan kesesuaian warna agar ruangan tidak kehilangan keindahannya akibat gorden yang tidak cocok.

Jadi Anda tinggal melakukan semua tips untuk memiliki kain penutup jendela, yang tahan lama dan tetap indah untuk waktu lama. Dan pastinya akan tetap memberi keindahan terbaiknya untuk interior ruangan, sekaligus privasi ruangan yang senantiasa terjaga. Coba cek kain penutup jendela Anda itu, kalau butuh perawatan seperti tips di atas, maka lakukan segera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *